Artikel 3

Pendahuluan

Manusia dalam memenuhi kebutuhan fisik maupun batin dengan cara membeli dan menjual suatu barang yang bertujuan untuk mencapai kepuasaan dan memenuhi kebutuhannya. Tempat untuk melakukan aktifitas tersebut ialah pasar. Masyarakat dulu beranggapan bahwa melakukan aktivitas jual beli barang harus dilakukan secara langsung yaitu bertemunya individu (pembeli) dengan individu  (penjual) lain pada suatu tempat dengan melakukan tawar-menawar untuk menentukan harga suatu barang yang disebut dengan pasar tradisional.

Pada saat ini melakukan transaksi jual beli barang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi cara melakukannya tidak harus bertemu dengan individu (pembeli) dengan individu  (penjual) lain, melainkan dengan system online. System online dilakukan dengan e-commerce yaitu membeli dan menjual barang melalui media elektronik(komputer). Dengan adanya system berbelanja online ini masyarakat dapat melakukan transaksi dengan mudah yaitu mayarakat tidak perlu bertemu dengan individu lain untuk membeli atau menjual barang dan tidak perlu adanya perdebatan antara pembeli dan penjual dalam menentukan harga suatu barang, karena harga yang ditetapkan friendly price. Selain itu online shop juga memberikan keuntungan lain yaitu pembeli tidak perlu mendatangi pasar yang lokasinya jauh dari rumah dan waktu yang digunakan tidak sia-sia. Online shop merupakan system Pasar Modern.

Beberapa tahun yang lalu belanja melalu internet atau belanja online atau istilah kerennya Online Shoping mungkin masih merupakan hal tabu bagi mayrakat Indonesia. Karena fasilitas untuk online masih belum secanggih dan selengkap sekarang, selain itu masih menganut asas pasar tradisional dimana saat membeli harus ada barangnya.

Namun sekarang online shopping sepertinya sudah menjadi sebuah trend khususnya di kalangan anak muda yang memang selalu ingin mendapatkan barang-barang ter-update yang tidak ada di negaranya. Hal ini karena banyaknya manfaat yang didapat dari online shopping yaitu lebih mudah, praktis, informasi yang diberikan lebih detail dan juga harga yang cenderung lebih murah dari harga di pasaran. Online shopping juga sangat membantu khususnya untuk orang-orang yang sangat sibuk dan tidak sempat pergi untuk berbelanja karena bisa menghemat waktu dan tenaga.

Di negara-negara maju online shopping sudah menjadi kebiasaan semua orang, bahkan lebih diandalkan daripada berbelanja konvensional di pasar atau supermarket. Dapat dikatakan juga bahwa tingkat pelaku online shopping juga menunjukkan seberapa maju rakyat di negara tersebut.

Walaupun begitu online shopping juga memiliki banyak kekurangan yang patut diwaspadai oleh para penggunanya. Misalnya saja maraknya penipuan yang terjadi apalagi ketika Anda memberitahukan nomor telepon atau nomor rekening Anda, ketidaksesuaian informasi yang dicantumkan dengan barang yang asli, keterlambatan atau kesalahan dalam pengiriman.

Kegiatan online shopping sendiri juga bisa menambah sifat konsumtif masyarakat. Karena tawaran -tawaran yang menarik ditambah dengan cara pembelian yang sangat mudah maka tidak jarang orang-orang begitu cepat memesan suatu barang bahkan yang mungkin tidak diperlukannya. Belum lagi jika Anda membeli barang itu hanya karena banyak orang lain yang membelinya atau bisa dibilang mengikuti trend semata.

Agar Anda dapat ber-online shopping dengan aman dan nyaman maka Anda perlu mencari informasi tentang online shop itu sebanyak-banyaknya. Bisa dari teman-teman Anda, artikel-artikel atau dari komentar para pembelinya di situs online shop tersebut. Hal itu dapat menghindarkan Anda dari kerugian-kerugian yang mungkin sudah terjadi pada pembeli online shop itu.

Selain itu berbelanjalah di online shop yang memang sudah terkenal namanya. Semakin terkenal suatu online shop maka kemungkinan besar mereka akan lebih menjaga para pelanggannya dengan baik untuk menjaga nama baik mereka.

sumber : http://www.suwayuwo.com/2012/01/belanja-online-trend-atau-kebutuhan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s