BAB 4 Perekonomian Indonesia

A. KEADAAN GEORAFIS INDONESIA

Kenyataan pertamaan yang harus diakui dalah bahwa  indonesia merupakan negara  kepulaun, dengan luas keseluruhan -195 sampai dengan 200 juta ha. Keadaan demikian dapat menjadi suatu kekuatan dan kesempatan bagi perkembangan perekonomian kita, dan sebaliknya dpat menjadi kelemahan ancaman bagi perekonomian kita,.

Banyaknya pulau akan menjadi kekuatan dan kesempatan, jika pulau yang sebagian besar merupakan kepulauan yang subur dan kaya akan hasil-hasil bumi dan tambang. Dengan kemampuan mengggali dan memanfaatkan kekayan alam yang ada di indonesia akan banyak memiliki pilihan produk yang dapat dikembangkan sebagai komoditi perdagangan, baik untuk pasar lokal maupun untuk pasar internasional. Dan dengan keindahan dan keanekaragaman budaya kepulauan tersebut dapat menjadi sumber penerimaan negara andalan melalui industri pariwisata.

Namun kenyataan itu juga dapat menjadi kelemahan dan ancaman bagi perekonomian indonesia, jika sumber daya yang ada di setiap pulau hanya dinikmati oleh sebagian masyarakatnya saja. Demikian pula juga jika masih banyak pihak luar yang secara ilegal mengambil kekayaan alam indonesia di berbagai kepulauan, yang secara geografis memang sulit untuk dilakukan pengawasan seperti biasa. Dengan demikian dituntut koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengamankan kepulauan Indonesia tersebut dari pihak-pihak yang tidak berhak mendapatkannya.

 

B. MATA PENCAHARIAN

Dari keseluruhan wilayah yang dimiliki indonesia, dapat diketahui beberapa hal di antaranya :

  • Pertama, mata pencaharian penduduk indonesia sebagai besa masih berada di sektor pertanian (agraris), yang tinggal di prdesaan dengan mata pencaharian seperti bertani, perikanan, petemakan dan sejenisnya.
  • Kedua, kontribusi sektor pertanian terhadap GDP (gross domestic production)
  • Indonesia yang bermanfaat bagi pencaharian di sektor pertanian (desa) semakin    tertinggal dari rekannya yang berkerja dan memiliki akses di sektor industri (kota).,

Langkah- langkah yang dapat di tempuh untuk mengatasi diantaranya adalah :

  • Memperbaiki kehidupan penduduk/petani dengan pola pembinaan dan pembangunan saranan dan perasarannya bidang pertanian
  • Meninggkatkan nilai tambah komoditis pertanian, jika dimungkinkan tidak haya untuk pasar lokal sajah
  • Mencoba mengenbangkan kegiatan agribisnis
  •  Menunjang kegiatan transmigrasi

 

C. SUMBER DAYA MANUSIA

Sebelum orde baru, pertumbuhan penduduk indonesia sangat tinggi -2.8 % dan setelah pememerintah orde baru menyadari bahwa pertumbuhan tersebut harus di kurangi, pertumbuhan penduduk kita hanya berkisar antara 2,1 % sampi 2,3 % dan 1,9 % di perkirakan repelita selanjutnya.

Sebagi salah satu negara yang masi berkembang, indonesia memang menghadapi masalah sumberdaya manusia, diantaranya :

  • Penduduk yang masi tinggi
  • Pertumbuhan Penyebaran yang kurang merata
  • Kurang seimbangannya dan komposisi umum  penduduk, yang di tandai dengan besarnya jumlah penduduk yang berusia muda serta mutu penduduk yang masi relatif rendah.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menimbulkan bnyak masalah bagi negara,  jika tidak dikuti dengan dengan peningkatan peduduk akan menambah beban sumber daya produktif terhadap sumber daya manusia yang belum produktif ( anak-anak manual, pengangguran), yang akibat lanjutnya akan mrnciptakan masalah rumit,

Adapun sasaran kebijaksanaan tenaga kerja di indonesia meliputi hal-hal berikut adalah :

  1. Memperluas lapangan kerja untuk dapat menyerap pertambahan angkatan  kerja baru dan mengurangi tingkat pengagguran
  2. Membina angkatan kerja batu yang memasuki pasar melalui latihan keterampilan untuk berusahaan sendiri maupun untuk mengisi lapangan kerj yang tersedia
  3. Membina dan melindungi pra pekerja melalui mekanisme hubungn kerja yang di jiwai oleh pancasila dan UUD 1945 (hubungn industri pancasila)
  4. Meningkatkan peranan pasar kerja, agar penyalur, pemanfaatan tenaga kerja dapat menunjukan kegiatan pembangunan
  5. Memperlambat lajunya pertumbuhan penduduk dan meningkatkan mutu tenaga kerja memlaui usaha pembinaan dam pengembangan

 

D. INVESTASI

Untuk memperoleh suatu pertumbuhan ekonomi yang tinggi dalam proses pembangunan di indonesia, terkumpulnya modal dan susmber daya sebagi investasi, memduduki peran yang sanghat tinggi, bagimana kita dapat melakukan perbangunan jika dana yang di perlukan untuk itu tidak tersedia atau mencukupi.

Dalam kondisi tertentu masi sulit untuk mengharapkan dana investasi dalam masyarakat. Untuk itulah pemerintah memerlukan dana yang besar dari selisih penerimaan dan pengeluaran/biaya rutin pemerintah tidak dapat terus menerus mengandalkan tabungan pemerintah tersebut. Perlu dilakukan upaya-upaya tambahan guna membantu memenuhi kebutuhan dana investasi pembangunan. Upaya-upaya tersebut adalah :

  1. Lebih mengembangkan ekspor komoditi non-migas, sehingga secara absolut dapat meningkatkan penerimaan daei sektor luar negeri. Untuk menunjang langkah ini perlu diusahakan peningkatan nikai tambah dan kemampuan bersaing daei komoditi-komoditi-komoditi yang akan diekspor tersebut.
  2. Mengusahakan adanya pinjaman luar negeri yang memiliki syarat lunak, serta menggunakannhya untuk kegiatan investasi yang menganut prinsip prioritas.
  3. Menciptakan iklim investasi yang menarik dan aman bagi ara penanam modal asing, sehingga makin banyak PMA yang masuk ke indonesia
  4. Lebih menggiatkan dan menyempurnakan sistem perpajakan dan perkreditan, terutama kredit untuk golongan ekonomi lemah, agar mereka secepatnya dapat berjalan bersama dengan para pengusaha besar dlam rangka peningkatkan produktifitas.

Sumber :

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/perekonomian_indonesia/bab3-peta_perekonomian_indonesia.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s